Peta Belajar

Saat menyetrika baju (lagi), setelah sekian lama mendelegasikan kepada jasa laundry. Saya mendapat insight. Kurang lebih begini. Setiap hal ada waktunya, ada masanya. Lalui, nikmati, syukuri.

Ada masanya saya harus mendelegasikan tugas rumah tangga. Demi prioritas yang lebih utama, yaitu mengurus anak yang masih kecil-kecil.

Ada pula masanya saya harus mengerjakan sendiri tugas rumah tangga. Karena, anak-anak sudah mulai besar. Butuh contoh nyata melakukan ketrampilan dasar rumah tangga.

Saat ini, mereka mungkin hanya melihat. Latihan sedikit-sedikit. Sebagai sebuah permainan saja. Suatu saat, ketika mereka siap. Mereka harus mampu melakukannya sendiri. Mandiri sebagai individu, mengurus kebutuhan diri sendiri.

Pun, dalam perjalanan menumbuhkan diri. Semua ada masanya. Jatuh bangun memperbaiki diri itu hal yang biasa. Selama masih ada asa untuk terus belajar dan bergerak. Semua akan baik-baik saja.

Ada masanya, saya menjadi anak yang dimanja.

Ada masanya, saya menjadi pelajar yang harus belajar dan mempertanggungjawabkan pada orangtua.

Ada masanya saya menjadi istri, yang harus belajar tertatih melayani suami.

Ada masanya saya menjadi ibu dari anak-anak kecil, yang harus menyingkirkan ego.

Ada masanya saya menjadi ibu dari anak-anak yang mulai besar, belajar menjadi teladan bagi mereka.

Ada masanya saya menjadi ibu dari anak yang sudah besar dan mandiri. Sibuk dengan kehidupan mereka sendiri. Dan, saya bebas mengekspresikan diri, memberi manfaat lebih di luar rumah.

Dalam prakteknya, semua saling berkaitan. Tidak bisa dipisah-pisah secara kaku. Namun, dalam setiap masa tetap harus ada prioritas.

Tugas ke-4 buncek kali ini, kami diminta membuat peta belajar. Menentukan prioritas belajar. Dan, saya memilih tema "Better Mama".

Saya merasa saat ini berada pada masa menjadi ibu dari anak-anak yang mulai besar. Jadi, saya harus menumbuhkan diri bersama mereka. Menjadi ibu yang lebih baik. Teladan bagi anak-anak.

Berikut ini, peta belajar saya :


Semoga Allah memberi petunjuk, kemudahan dan kelancaran dalam proses yang saya jalani. Aamiin
Kudus, 14 Januari 2020

#janganlupabahagia
#jurnalminggu4
#materi4
#kelastelur
#bundacekatan
#buncekbatch1
#buncekIIP
#institutibuprofesional

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5