Aliran Rasa Membangun Keluarga Literasi



Membaca sudah menjadi bagian dari kegiatan kami sehari-hari. Waktu membaca terutama untuk Raisa dan Rafifa saya alokasikan sesaat sebelum tidur. Namun waktunya juga tidak saya batasi saat itu saja, mereka bisa kapan saja meminta saya untuk membacakan buku. Satu buku bisa dibaca berulang kali oleh Raisa, apalagi jika dia menyukai isi ceritanya. Saya memang tidak menentukan buku yang harus dia baca, Raisa bebas memilih buku yang ingin dibacanya. Bahkan jika satu buku harus diulang terus membacanya saya tetap mengizinkan karena yang terpenting untuk saya adalah Raisa suka membaca dan menjadikan membaca sebagai kebiasaan hariaannya.

Diusianya yang menginjak 16 bulan, Rafifa juga sudah mulai memilih bukunya sendiri. Setelah itu dia akan meminta untuk dibacakan dengan mengatakan "ca..ca..". Alhamdulillaah untuk anak-anak games level 5 ini dapat dilalui dengan baik.

Untuk saya, tantangan untuk games level 5 ini adalah soal waktu. Seringkali saya kesulitan mengalokasikan waktu membaca untuk diri saya sendiri. Karena saat saya mulai memegang buku, Rafifa akan mulai meminta buku saya. Jadi waktu membaca saya adalah saat anak -anak terutama Rafifa tertidur. Karena pada dasarnya saya suka membaca, jadi setiap hari meskipun setidaknya satu halaman saya tetap usahakan untuk membaca buku.

Tantangan selanjutnya adalah untuk Ayahnya yang kurang suka membaca. Meskipun Ayah kurang suka membaca untuk diri sendiri, namun Ayah tetap bersedia membacakan buku untuk anak-anak.

Semoga kebiasaan membaca menjadi budaya yang positif bagi keluarga kami. Aamiin

#level5
#kuliahbunsayiip
#ForThingstoChangeIMustChangeFirst

#odopfor99days21

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5