Aku bisa...

Ketika main bersama, Raisa minta dibacakan buku cerita. Saya memintanya untuk bergantian bercerita.
"Ayo sekarang gantian Raisa yang bacakan buku cerita buat mama".
"Gak mau, gak bisa mama"'.
"Bisa, Raisa bisa...ayo dicoba dulu!!"

Akhirnya Raisa mencoba membaca buku yang dia pegang, judulnya "Harimau"
"Harimau suka melihat burung"
"Harimau suka melihat tikus"
"Harimau suka melihat ikan"
"Harimau sayang teman2nya..eh...salah..sayang adiknya"

Saya terharu mendengarnya, Raisa bercerita berdasarkan gambar yang ada dalam buku ceritanya, berbeda dengan isi cerita yang biasa saya ceritakan. "MasyaAllah, Raisa ternyata bisa ya membaca buku cerita". Raisa tersipu mendengar pujian saya.

Raisa memang sering berkata "tidak bisa, ngak bisa ma, aku ngak bisa". Misalnya saja saat memakai baju, mengambil suatu barang, atau saat bermain. Menggunakan kaidah komunikasi produktif dengan mengganti kata "tidak bisa" menjadi "bisa", cukup efektif untuk membuat raisa berusaha melakukan.
Kudus, Februari 2017

#hari7
#tantangan10hari
#komunikasiproduktif
#kuliahbunsayiip

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5