Ciptakan Bahagiamu, Ibu!


Judul Buku: Diary Ibu Bahagia
ISBN: 978-602-5633-24-9
Penulis: Rena Puspa, dkk; Komunitas Ibu Bahagia
Cetakan 1: 2018
Penerbit: Ihsan Media
Halaman: 272 hlm


Sesuai dengan judulnya, Diary Ibu Bahagia, buku ini menghadirkan kisah 26 ibu untuk meraih kebahagian ditengah kesibukan, kebingungan, dan tantangan menjadi seorang ibu. Kisah yang dihadirkan dalam buku ini cukup beragam dan menginspirasi. Ditulis berdasarkan pengalaman masing-masing penulis, sehingga kita dapat memetik pelajaran dari kisah-kisah yang berbeda. Terdiri dari 26 Bab yang dapat kita baca secara urut maupun acak, karena masing-masing judul berdiri sendiri.

Membaca buku ini serasa mengobrol dengan masing-masing penulis, yang memiliki pengalaman yang berbeda-beda dalam meraih kebahagiaannya sebagai ibu. Kisah yang dituturkan dapat menjadi pelajaran yang berharga bagi siapa pun yang membacanya. Mengambil hikmahnya dan belajar darinya. Karena, ini adalah kisah-kisah dari sebuah pengalaman yang sudah terjadi dan bukan hanya teori semata. Sehingga, sangat mungkin untuk dilakukan dan dipraktekkan bagi ibu mana pun dalam meraih kebahagiaannya.

Seperti kisah "Makanan Jiwa Pembawa Bahagia" yang ditulis oleh Raihana Mahmud. Berkisah tentang usaha untuk membuat diri selalu bahagia dengan memberi makanan bagi jiwanya. Ada juga tips "Me Time Terbaik" yang ditulis oleh Rintan Ledidiana serta tips me time lainnya dari kisah yang berbeda. Juga, kisah LDR (Long Distance Relationship) yang tetap bahagia meskipun tidak setiap hari berkumpul bersama seluruh keluarga. Kisah ibu yang harus berjuang menerima anaknya yang berbeda karena autisme serta kisah ibu mendampingi anak yang sakit. Lalu, ada juga kisah ibu yang melalui kehamilannya yang tidak mudah dengan penuh kebahagian. Dan, kisah ibu yang berjuang menerima dan menjalankan perannya sebagai ibu rumah tangga. Banyak lagi Kisah-kisah menarik yang ada dalam buku ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua.

Untuk kritik, tidak terlalu banyak. Karena, buku ini adalah kisah pengalaman pribadi para penulis sehingga masing-masing pembaca dapat memiliki sudut pandang yang berbeda dalam mengambil inspirasinya. Kekurangan yang cukup mengganggu, adalah layout warna kertas pada halaman pertama setiap bab dan pada biografi masing-masing penulis yang berwarna hijau. Sehingga, saat membaca tulisannya kurang begitu jelas. Namun, secara keseluruhan buku ini sangat layak dibaca oleh para ibu yang ingin meningkatkan kualitas dirinya.

Sebuah buku yang bagus dibaca baik oleh calon ibu, ibu baru maupun ibu lama. Tidak ada ibu yang sempurna, tapi selalu ada ibu yang berusaha menjadi baik hari demi hari. Salah satunya, dengan menjadi ibu yang bahagia, "Happy Mom Happy Family". Tantangan menjadi ibu bahagia tidaklah mudah, butuh ilmu dan praktek yang dilakukan setiap hari. Dengan membaca buku ini, kita jadi tahu bahwa bahagia itu bisa diciptakan. Bahagia itu tanggung jawab pribadi kita. Caranya hanya kita yang tahu dan inspirasinya bisa jadi dari buku ini.
Kudus, 10 Januari 2019 

#Januari_Nonfiksi_Resensi
#Mentor Raihana Mahmud

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5