Aliran rasa melatih kemandirian

Tantangan pada bulan ini adalah melatih kemandirian pada anak dan diri saya sendiri. Saya membagi tantangan ini menjadi 4 pekan. Pekan pertama melatih kemandirian ketrampilan hidup, pekan kedua melatih kemandirian belajar, pekan ketiga melatih kemandirian emosional, dan pekan keempat melatih kemandirian psikososial.
Sebenarnya raisa sudah cukup mandiri bab ketrampilan hidup, seperti makan sendiri, pakai baju sendiri dan lepas baju sendiri, karena sejak satu tahun perlahan-lahan sudah saya latih. Namun semenjak adiknya lahir, raisa minta diperlakukan seperti adiknya, makan minta disuapin, baju minta dilepaskan dan dipakaikan, apa2 minta diambilkan. Nah, ini yang menjadi tantangan saya, terus memberinya semangat melatih kemandiriannya. Meskipun saya masih belum bisa konsisten, masih tarik ulur untuk meminimalisir sibling rivalvy antara raisa dan adiknya.
Alhamdulillah, dengan progam melatih kemandirian ini, raisa semakin berani bermain bersama teman2nya, meskipun masih harus dimotivasi untuk melatih kemandirian emosional.
Sampai saat ini, melatih kemandirian pada raisa dan diri saya masih terus saya lakukan, semoga bisa lebih konsisten. Aamiin
Kudus, 18 Maret 2017

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5