Aliran Rasa Semua Anak adalah Bintang

Tantangan pada game level 7 ini membuat saya harus jeli melihat setiap kemampuan yang Raisa tunjukkan. Di usianya yang 3 tahun 10 bulan ini, dimana dia sedang mengembangkan identitas dirinya seringkali kesabaran saya di uji. Raisa seringkali menyatakan pendapatnya saat saya memintanya melakukan sesuatu. Sebenarnya saya amati ini cukup bagus untuk perkembangan identitasnya, karena dia tidak serta merta menurut apa yang saya inginkan jika hal tersebut tidak sesuai dengan dirinya. Dia selalu mengungkapkan alasannya, misalnya jika diminta mandi sekarang, Raisa akan menjawab, "bentar ma, aku masih keringatan". Hal-hal lain dia juga selalu punya alasan, dan alasannya selalu masuk akal.
Saat identitas dirinya berkembang dengan baik, saya melihat ranah interpersonal Raisa juga berkembang dengan baik. Dia tidak mudah ikut-ikutan temannya jika dirasa apa yang dilakukan temannya kurang baik. Misalnya, kemarin Raisa bercerita tentang temannya yang pipis sembarangan. Raisa berpendapat bahwa itu salah, harusnya mereka pipis di kamar mandi. Raisa suka berteman dan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5