Menabung, Salah Satu Cara Mengajarkan Cerdas Finansial Pada Anak

"Mama aku pingin dibelikan itu (masker)", rajuk Raisa.

Siang ini kami kedatangan tamu, seorang teman Mama beserta putra kecilnya. Setelah puas ngobrol dan main bersama, mereka berpamitan pulang. Karena mereka naik motor, tak lupa mereka memakai jaket, helm dan masker. Raisa terus memperhatikan saat Mama membantu memakaikan jaket, helm dan masker pada teman barunya.

Setelah mereka pergi, Raisa mengutarakan keinginannya untuk dibelikan masker. Saya sampaikan bahwa kita lihat dulu tabungan Raisa.
"Raisa kan pinginnya banyak, ada mukena, sandal, sepeda,masker, mana dulu yang mau dibeli?", tanya saya.
"Masker dulu ma!", jawabnya
"Ya udah nanti kita lihat dulu ya, tabungan Raisa cukup apa nggak!", lanjut saya

Salah satu cara saya mengajarkan cerdas finansial pada Raisa adalah dengan menabung untuk memenuhi keinginannya. Cara ini juga cukup efektif untuknya belajar menunda keinginan, jadi dia tidak terbiasa "sak dek sak nyet" (ingin sekarang beli sekarang). Selain itu dengan menabung juga mengajarkan anak membuat skala prioritas, membeli terlebih dahulu apa yang paling dia butuhkan saat ini.
Kudus, 15 September 2017

#KuliahBunsayIip
#Tantangan10hari02
#Level8
#RezekiituPastiKemuliaanYangHarusDicari
#CerdasFinansial
#odopfor99days48

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5