Ayo sama-sama belajar...

Setelah 10 hari lebih mendapatkan materi komunikasi produktif dan mencoba mempraktekkannya sehari2 bersama anak dirumah, baru kemarin malam saya share ilmu ini dengan suami. Bukan karena tidak mau berbagi, tapi lebih karena saya ingin mempraktekkannya terlebih dahulu supaya ketika saya share dengan suami beliau bisa melihat apakah ada perubahan pada diri saya atau tidak.
Karena menurut saya ini hal yang penting dan tidak bisa disampaikan sembarang waktu, maka saya memilih waktu yang tepat (choose the right time).

Dan malam itu waktu yang tepat menurut saya, saat anak2 sudah terlelap tidur, dan kami sedang berdiskusi ringan di ruang tamu.
Saya dekati suami yang sedang asyik dengan hpnya, lalu saya sampaikan "yah, aku masih ikut kuliah iip yang dulu aku ceritaiin itu lho, ini ada lanjutannya, materinya tentang komunikasi produktif". "ya" jawab singkat suami. " "ini materinya yah" aku sodorkan hp ku padanya.

Suami hanya membaca sekilas. Lalu saya tawarkan, "mau dibacakan yah". " ya gak papa". Lalu saya bacakan satu persatu. Beliau memdengarkan sambil melihat di hpnya. Saya jelaskan panjang lebar sekalian contoh yang sudah saya lakukan pada anak. Beliau hanya mendengarkan, sesekali saya review sambil saya beri pertanyaan untuk ngetes apakah beliau memdengarkan atau tidak (he...he...).

Saya sodorkan tulisan2 saya tentang narasi komunikasi produktif yang sudah saya praktekkan selama ini. Lalu saya tanyakan "piye yah, aku ada perubahan nggak?" "Ya mending (lebih baik)". Singkat sekali jawabnya tapi sudah bikin adem dihati. Dan malam itu kami membuat kesepakan untuk sama2 belajar lebih baik dalam berkomunikasi.
Kudus, 7 Februari 2017

#day10
#tantangan10hari
#komunikasproduktif
#kuliahbunsayiip

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5