CONSEQUENCES



#day3 -

Bagi beberapa orang saat “tidak melakukan apa-apa” justru disanalah mereka merasakan bertumbuh atau berkembang. Yuk, sharing pengalaman Anda saat Anda tidak melakukan apa-apa! Dan, apa konsekuensinya untuk Anda bahkan lingkungan?

Setelah memutuskan "di rumah saja" setelah sempat bekerja selama beberapa tahun, sebetulnya saya merasa "doing nothing" untuk 4 tahun terakhir ini. Merasa tidak melakukan apapun, sesuatu yang berarti baik bagi diri sendiri maupun orang lain.

Meskipun awalnya sangat berat harus menerima konsekuensi dari "doing nothing" ini diantaranya tidak memiliki kegiatan yang "berarti" dan tentu saja harus kehilangan teman dan kolega. Benar-benar menyepi dalam kesendirian, menepi dari hingar bingar karir.

Namun pada akhirnya saya merasakan ada konsekuensi positif dari "doing nothing" yang saya alami. Saat diri berada pada kondisi tenang, tanpa tuntutan untuk melakukan "sesuatu", saat saya merasa bebas melakukan sesuatu yang saya suka akhirnya saya menemukan kembali diri saya. Saat saya bisa mensyukuri kondisi saya saat ini, saya mampu melihat dengan jernih hikmah dibalik "doing nothing" yang saya alami.

Saya kembali belajar tentang anak-anak, sesuatu yang saya sukai. Membuka kembali buku-buku lama yang tertata di rak. Mempraktekkan ilmu-ilmu parenting yang tadinya hanya sebatas teori. Dan terus bersemangat belajar setiap hari bersama anak-anak.

Hikmah lain dari "doing nothing" yaitu, saya menemukan passion saya yang lain yaitu menulis. Akhirnya saya menemukan kesenangan dan manfaat menulis untuk diri saya yang membuat saya bersemangat untuk terus belajar menulis agar suatu hari nanti tulisan saya juga bisa bermanfaat untuk orang lain. Dari hobi baru ini saya "bertemu" dan belajar dengan para penulis hebat, bergabung dengan komunitas pembelajar menulis.

Jadi, "doing nothing" memang akhirnya memberi banyak manfaat untuk saya. Berhenti sejenak, mundur selangkah untuk kembali maju dengan langkah yang lebih tegap dan bersemangat melakukan "sesuatu" yang lebih bermakna.

“Doing absolutely nothing has its consequences too”

 #7days #ARTmazingchallenge #sac13 #sac #DoingNothing
#odopfor99days64

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5