Habit Training : Berdo'a Sebelum dan Sesudah Melakukan Sesuatu



Saat ini, kami sedang melatih kebiasaan berdo'a dengan praktek langsung. Maksudnya tidak hanya sekedar menghapalkan do'a-do'a, tetapi praktek berdo'a beserta artinya sesuai dengan kegiatan harian. Belajar berdo'a yang sedang kami laksanakan adalah berdo'a sebelum dan sesudah makan, berdo'a sebelum dan sesudah bangun tidur, dan berdo'a masuk dan keluar kamar mandi.

Anak-anak tentu saja sangat antusias dengan pembelajaran ini. Beberapa do'a Raisa (4y) sudah hapal, namun belum dengan artinya. Do'a yang Raisa sudah hapal adalah doa sebelum dan sesudah tidur, do'a sebelum makan dan do'a masuk kamar mandi.  Sedangkan Rafifa (19m) baru bisa menirukan dengan komat kamit dan mengucapkan "Aamiin".

Agar anak-anak lebih mengerti makna do'anya. Maka kami berdo'a disertai artinya. Nah...tantangannya, mama belum hapal semua do'a beserta artinya. Setiap kali mulai berdo'a dan sampai pada artinya, mama seringkali lupa.

Akhirnya Mama punya ide, yaitu menuliskan do'a beserta artinya dan ditempel ditempat-tempat yang strategis. Misalnya do'a sebelum dan sesudah tidur ditempel dikamar, do'a masuk dan keluar kamar mandi ditempel di tembok depan kamar mandi, do'a sebelum dan sesudah makan ditempel diruang makan.

Alhamdulillah hal ini cukup efektif membantu Mama untuk mengajarkan berdo'a beserta artinya kepada anak-anak. Semoga kedepan bisa lebih konsisten. Aamiin
Kudus, 02 Nopember 2017

#day1
#tantangan10hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative
#odopfor99days70

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5