Trust The Process


#day5
Seringkali manusia fokus pada hasil yang mereka harapkan sendiri. Hal ini membuat lupa pada PROSES yang terjadi. Insight apakah yang Anda dapatkan?

Memang seringkali saya tidak sabar dengan proses, karena keinginan untuk segera menikmati hasilnya. Tapi sebenarnya kalau dipikir-pikir justru dengan menikmati proses, saya mengalami banyak rasa, rasa senang, bahagia, gembira, sedih, kecewa, antusias, calm down, semangat menggebu-ngebu lalu down lagi begitu seterusnya. Sedangkan saat menikmati hasil hanya ada satu rasa yang saya rasakan yaitu rasa senang saat hasil sesuai yang diharapkan atau kecewa saat hasil jauh dari harapan.

Setiap hari yang saya jalani adalah proses. Proses menjadi manusia yang lebih baik. Lebih baik itu banyak definisinya. Untuk saya ya menjadi lebih baik dalam mengelola emosi, dalam konsistensi melakukan apapun, lebih berdaya juang menggapai sesuatu yang dicita-citakan, lebih menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangan, lebih percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki, lebih bisa menghargai orang lain, lebih mampu berpikir dan berperasaan positif terhadap apapun.

Ujug-ujug menjadi manusia yang baik itu tidak mungkin. Harus ada proses yang dijalani. Dan setiap hari yang terjadi dalam hidup saya adalah proses menuju kesana. Kuncinya ya menikmati setiap momennya. Bersyukur dan mampu memaknai setiap hal yang saya jalani.

Menjalani hidup hari ini sebagai apapun itu. Karena jalan menuju kebaikan itu tidak harus menjadi seseorang yang hebat, wah, terkenal banyak hartanya, banyak prestasinya, disanjung dan dielu-elukan, dan dihormati banyak orang. Bisa jadi justru menjadi orang baik versi saya itu saat Allah memperkenankan saya "dirumah saja". Menjadi istri dan ibu.

Dilatih setiap hari untuk belajar tentang anak-anak langsung dengan anak-anak.

Dilatih setiap hari untuk bersabar, mengelola emosi, bersikap tenang menghadapi tingkah polah anak-anak yang tak bisa diterka.

Dilatih setiap hari untuk bersyukur atas hal-hal kecil dan remeh temeh. Bersyukur melihat anak-anak tertawa lepas bermain bersama Ayahnya. Bersyukur masakan yang dimasak hari ini disukai anak-anak dan seluruh keluarga. Bersyukur kami semua sehat dan bisa bersepeda pagi bersama.

Dilatih setiap hari untuk menghargai dan menghormati orang lain. Dimulai dari orang-orang terdekat, suami, bapak, dan anak-anak. Menghargai setiap perbedaan pendapat dan persepsi. Menghormati dengan berkata santun dan bermuka menyenangkan serta sedap dipandang mata.

Dilatih setiap hari untuk berpikir positif. Tidak semua hal terjadi sesuai yang diinginkan dan diharapkan. Saatnya untuk melatih berpikir positif saat anak belum mau menghabiskan makannya, saat bersitegang dengan bapak, saat missunderstanding sama suami, dan saat target harian tidak terpenuhi. Ketrampilan berpikir positif tidak datang ujug-ujug, semua butuh latihan dari hal-hal yang sederhana.

Dilatih setiap hari untuk rendah hati dan tidak sombong. Iyess..."dirumah saja", melakukan pekerjaan yang sudah semestinya dilakukan oleh seorang ibu adalah hal biasa. Buat orang lain iya, padahal buat diri sendiri ini adalah prestasi luar biasa. Mengapresiasi prestasi sendiri, tanpa tepuk tangan dan sanjungan orang lain melatih diri menjadi seorang yang rendah hati dan tidak sombong. Meneguhkan bahwa setiap hal yang dilakukan hanya untuk Allah bukan untuk mendapat pujian orang lain.

Dengan latihan-latihan kecil setiap hari, siapa tahu pada saatnya nanti Allah memperkenankan saya "keluar rumah" lagi saya telah menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari saat ini. Saya yakin versi tiap orang berbeda-beda, setiap orang punya jalan menuju kebaikannya masing-masing. Untuk saya inilah versi terbaik yang Allah skenariokan.

Semua yang terjadi dalam hidup saya saat ini sudah diatur oleh Allah. Dan saya yakin ini semua adalah proses saya agar menjadi manusia seutuhnya yang pada akhirnya nanti kembali pada Allah dengan senyuman. Karena telah menunaikan kewajiban dan tanggungjawabnya didunia ini dengan baik. Aamiin.
~Believe in yourself, trust the process, change forever~
Kudus, 22 Nopember 2017

#7days
#ARTmazingchallenge
#sac14
#sac
#MoveOn
#odopfor99days86

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5