Kreatif tanpa TV


Kami masih mengijinkan anak-anak menonton televisi, dengan dua syarat yaitu hanya menonton kartun dan satu hari hanya boleh menonton satu kali. Kartun kesukaan anak-anak adalah ipin dan upin, yang waktu penayangannya biasanya pagi hari, siang hari dan malam hari. Saya persilahkan Raisa memilih mau nonton pagi atau siang atau malam.

Namun, kami kurang suka jika Raisa menonton TV pada pagi hari. Jika pagi hari Raisa sudah menonton televisi biasanya dia akan malas-malasan diajak mandi atau aktivitas lain. Kami lebih suka jika pagi hari Raisa keluar rumah, berjalan-jalan atau sekedar bermain diseputar halaman rumah. Menikmati hangatnya sinat mentari dan sejuknya udara pagi.

Karena sudah bisa menyalakan TV sendiri dan dia bisa memilih kapan mau menonton, maka kami punya ide jika pada pagi hari kabel antena TV kami lepas. Sehingga saat Raisa menyalakan TV tidak akan terlihat gambarnya. Jika dia bertanya maka kami akan menjawab TV nya belum bisa kalau pagi hari. Hal ini cukup efektif untuknya tidak menonton TV pada pagi hari, sehingga dia bisa beraktivitas diluar rumah.

Awalnya Raisa bingung mau bermain apa, tapi setelah dibiarkan sendiri Raisa menemukan berbagai macam ide bermain. Diantaranya memetik buah kresem dihalaman rumah, bermain gunungan pasir disebelah rumah yang sedang dibangun, atau sekedar berjalan-jalan disekitar rumah.

Kalau dia sudah mulai bosan, dia akan meminta bermain yang lain. Seperti hari ini, Raisa meminta bermain masak-masakan yang ada airnya dan airnya diberi pewarna sebagai minumannya. Setelah Mama siapkan, Raisa bermain bersama Rafifa. Setelah selesai bermain, saya minta mereka mencuci mainannya. Air menggenang di depan rumah. Saat saya masuk untuk membuka pintu, ternyata Raisa dan Rafifa sudah bermain digenangan air dengn pose berenang. Mereka terlihat senang, dan itu sangat kreatif.

 Berenang di kolam atau dipantai sudah sangat umum, namun berenang digenangan air itu luar biasa. Sayangnya, saya tidak sempat mengambil fotonya karena saya sudah terlanjur heboh duluan melihat mereka bermain digenangan air dibawah teriknya sinar matahari (hal yang sangat saya sesali sampai saat ini, hikks...maaaf ya nak).

Ternyata memang benar bahwa tugas kita bukan menumbuhkan kreativitas anak-anak karena sesungguhnya anak-anak sudah terlahir kreatif.
Kudus, 04 Nopember 2017


#day3
#tantangan10hari
#Level9
#KuliahBunsayIIP
#ThinkCreative
#odopfor99days72



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keinginan vs Kebutuhan

Sudahkah Memeluk Anak Hari Ini?

Belajar Berhitung 1 -5